Selasa, 28 Agustus 2012

PEMBUKAAN DIKLAT DAN PENANDATANGANAN KERJASAMA


PEMBUKAAN DIKLAT MANAJEMEN PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI TKSM DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MAROS
DAN
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA
TENTANG PELAKSANAAN KEGIATAN OUTDOOR TERPADU DI KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS

Diposkan oleh : Mustang

BBPPKS Makassar sebagai salah satu Lembaga Pengembangan Kompetensi SDM di bidang Kesejahteraan Sosial yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial Republik Indonesia, dengan jangkauan pelayanan di Wilayah Regional V se-Sulawesi, dituntut perannya dalam penanganan kesejahteraan sosial di wilayah kerjanya sesuai dengan tugas dan fungsinya. Melihat dari kondisi masyarakat pada saat ini baik di perkotaan maupun di pedesaan, seiring perkembangan ekonomi, tehnologi, dan budaya yang begitu pesat sehingga peningkatan kemiskinan meningkat. BBPPKS Makassar berdasarkan Kepmensos RI Nomor : 03/HUK/2012 tentang BBPPKS sebagai Koordinator Wilayah Terhadap Pelaksanaan Program Kementerian Sosial RI di daerah mempunyai tanggungjawab terhadap pembangunan kesejahteraan sosial di regional V.

Dalam upaya penanganan kesejahteraan sosial di wilayah kerjanya, BBPPKS Makassar tidak henti-hentinya melakukan koordinasi dan asistensi kepada Instansi-instansi terkait (Pemda setempat melalui Dinas Sosial). Sinergitas yang dilakukan oleh BBPPKS makassar adalah, adanya kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Maros melalui  Pelaksanaan Kegiatan Outdoor Terpadu di Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros, serta melibatkan partisipasi berbagai pihak di dalam program kerjasama ini antara lain, (PKP2 Aparatur II LAN Makassar. STIKS Tamalanrea Makassar, IPSI Sulawesi Selatan)

Berdasarkan hasil audiensi dengan Bupati Maros pada Awal bulan juli 2012 bertempat di ruang kerja Bupati Maros, ditetapkan lokasi Kegiatan Outdoor Terpadu di Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros karena wilayah tersebut terdapat 14 jenis PMKS dan populasinya sangat tinggi dan juga merupakan wilayah Segitiga Emas diantara 3 kota besar (Makassar, Maros, Gowa) yang rentan dengan permasalahan sosial. Sesuai tusi dari BBPPKS Makassar yakni, melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial bagi Tenaga Kesejahteraan Sosial Pemerintah dan Masyarakat serta penyiapan Standarisasi Diklat, pemberian informasi dan advokasi diklat kesejahteraan sosial serta koordinasi dengan Instansi terkait sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, maka BBPPKS Makassar mengalokasikan anggaran dan kegiatan berupa Diklat Manajemen Pembangunan Kessos bagi Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat di Kabupaten Maros sebagai langkah awal pelaksanaan Kegiatan outdoor yang dimaksud di Kabupaten Maros.
Sasaran yang menjadi peserta pada Diklat Manajemen Pembangunan Kessos adalah Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Maros yang memiliki peran di masyarakat melakukan pendampingan dalam penanganan kesejahteraan sosial di daerahnya, diantaranya :
1.       PSM
2.       Karang Taruna
3.       TKSK
4.       Program Kesejahteraan Keluarga
5.       Pengurus Orsos
6.       Tokoh Agama
7.       Tokoh Masyarakat

Pelaksanaan Diklat Manajemen Pembangunan Kessos bagi TKSM ini bertujuan untuk mempersiapkan SDM TKSM yang profesional, kompeten dalam menangani permasalahan sosial yang terjadi dilingkungannya.

Diklat Manajemen Pembangunan Kessos yang diselenggarakan oleh BBPPKS makassar dilaksanakan mulai tanggal 27 s.d 31 Agustus 2012 di kampus Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejashteraan Sosial (BBPPKS) Makassar dibuka secara resmi oleh Sekretaris Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Kemsos RI (Bapak Mu’man Nuryana, MSc., Ph.D) didampingi oleh Kepala BBPPKS Makassar (Bapak Dr. Abdul Hayat, M.Si) serta Sekretaris Daerah Kabupaten Maros. Dalam sambutannya di depan peserta dan para undangan (Kepala PKP2A LAN Makassar, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Keserjahteraan Sosial Makassar, Ketua Ikatan Pekerja Sosial Indonesia Sulsel, Kepala Dinas Sosial dan Nakertrans Kab. Maros serta Pejabat Struktural dan Fungsional di Lingkungan BBPPKS Makassar), Sekretaris Badiklit Kessos menyampaikan apresiasi dan dukungan atas komitmen bersama yang dijalin oleh BBPPKS Makassar bersama Pemda Kabupaten Maros dalam penanganan permasalahan kesejahteraan sosial di Kabupaten maros serta mengharapakan kegiatan ini akan berlanjut terus menerus baik melalui APBD maupun APBN, Sekretaris juga menyampaikan bahwa Pembangunan Kessos kedepan akan lebih menggantungkan dan mengandalkan kepada masyarakat dengan yang didukung oleh pemerintah sehingga peran masyarakat dalam penmabgunan kessos didaerah sangat diharapakan. Peserta diklat yang berasal dari unsur Masyarakat diharapkan bersunguh-sungguh mengikuti pelatihan ini karena kelak merekalah merupakan SDM kader Pembangunan Kesejahteraan Sosial di daerahnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris daerah Kabupaten Maros dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Kementerian Sosial RI khususnya BBPPKS Makassar atas dukungan dan partisipasinya dalam pembangunan kesejashteraan sosial di kabupaten Maros, beliau juga menyampaikan bahwa permasalahan sosial yang ada memerlukan perhatian yang lebih insentif dari berbagai kalangan, baik pemerintah maupun dunia usaha dan masyarakat, sehingga perlu diagendakan berbagai macam program-program kesejahteraan sosial. Setda juga mengharapkan antusias Peserta diklat yang merupakan warga Masyarakat Kabupaten Maros secara keseluruhan , untuk mengikuti pelatihan ini dengan cermat dan bersungguh-sungguh, karena setelah mengikuti diklat ini, mereka diharapkan menjadi SDM yang profesional dan berkompeten dalam menangani permasalahan sosial di wilayahnya (kab. Maros). Karena menurut beliau, terdapat banyak contoh dilapangan mengenai data PMKS yang kurang  valid dan banyaknya bantuan yang tidak tepat sasaran, sehingga penting adanya SDM PSKS yang terlatih dan memiliki tanggungjawab yang tinggi dalam  melaksanakan tugasnya dilapangan.

Pembukaan Diklat Manajemen Pembangunan Kessos bagi TKSM Kabupaten Maros pada tanggal 27 Agustus 2012 juga dirangkaikan dengan penandatanganan Kontrak Kerjasama Antara Pemerintah Kabupaten Maros, BBPPKS Makassar, STIKS Tamalanrea Makassar, IPSISS, dan PKP2A II LAN Makassar, yang disaksikan langsung oleh Bapak Sekretaris Badiklit Kesos Kemsos RI. Melalui penandatanganan Kerjasama ini diharapkan dapat membangun komitmen bersama dalam pelaksanaan pembangunan kesejahteraan sosial dalam bentuk Pelaksanaan Kegiatan Out Door Terpadu di Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros.

Dalam pelaksanaan diklat, metode pelatihan yang dilaksanakan adalah merupakan gabungan sejumlah materi inti dan penunjang, indoor dan outdoor berupa penyajian materi, tanya jawab, diskusi kelompok dan praktek belajar lapangan, sedangkan penyajian Materi yang diberikan berjumlah 40 Jam Pelatihan terdiri dari :
  1. Kebijakan dan Program Pembangunan Kesejahteraan Sosial yang dibawakan oleh Sekretaris Badiklit Kessos Kementerian Sosial RI
  2. Kebijakan Pembangunan Kessos di Daerah oleh Setda Kabupaten Maros
  3. Kebijakan Pengembangan SDM Kessos oleh Kepala BBPPKS Makassar
  4. Pengetahunan, Nilai dan Keterampilan Dasar Pekerjaan Sosial oleh WI BBPPKS Makassar
  5. Teknik Pendataan PMKS dan PSKS oleh WI BBPPKS Makassar
  6. Penyuluhan dan Bimbingan Sosial dan Komunikasi, Relasi dan Jaringan Sosial oleh WI BBPPKS Makassar
  7. Dinamika Kelompok oleh WI BBPPKS Makassar
  8. PBL oleh TIM PBL / Fasilitator

Pada pelaksanaan Praktek Belajar Lapangan, peserta diharapkan dapat mempraktekkan materi yang telah diterima di dalam kelas, diantaranya teknik dan cara melakukan Pendataan, mengolah data, bagaimana melakukan pendampingan sebagai pekerja sosial serta bagaimana melakukan bimbingan dan penyuluhan terhadap pelaku permasalahan sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar